18 September 2016

Wisata Jepang - Kebutuhan Koneksi Internet di Jepang

Bagi banyak orang, saat ini koneksi internet sudah merupakan sebuah kebutuhan layaknya kita berpakaian, makan atau minum, hal ini terbukti dari sangat banyaknya orang menggunakan gadget dan terkoneksinya gadget dengan jaringan internet.

Smartphone atau mobile phone saat ini sudah bisa dipastikan saat berada dalam genggaman kita pasti memiliki koneksi internet dengan berbagai paket data yang sudah kita pilih dan beli dari para operator penyedia jaringan seluler. Entah itu paket data bulanan atau bahkan yang hanya menggunakan paket data sesuai kebutuhannya (limited).

Era sosial media tidak bisa dipungkiri menjadi pemicu tingginya kebutuhan akan koneksi internet dan paket data dari operator seluler. Sosial media seperti Facebook bahkan sudah pre-installed saat kita membeli sebuat gadget seperti smartphone atau yang agak besar seperti Tab, dan juga iPad. Belum lagi sosial media yang berfungsi sebagai tempat berbagi hasil karya fotografi kita seperti Instagram, dan berbagi video semacam Youtube, semuanya membutuhkan paket data yang tidak sedikit jumlahnya.

Begitu juga saat kita traveling, tentu semakin banyak lagi kita membutuhkan paket data tersedia dalam smartphone kita. Kebutuhan penggunaan mulai dari sekedar berbagi foto dan video kepada teman dan kerabat, hingga menjadi alat navigasi kita disaat berpergian ke lokasi-lokasi baru yang sebelumnya belum pernah kita datangi sudah pasti akan menggunakan paket data seluler yang kita miliki.

Untuk memenuhi kebutuhan paket data dan koneksi internet ini sangat mudah kita peroleh saat kita belum pergi kemana-mana atau saat kita dalam rutinitas seperti biasa. Akan menjadi lain lagi saat kita mulai berencana ingin mengunjungi tempat baru atau traveling ke luar negeri, ke Jepang contohnya.

Pada saat merencanakan liburan kita menuju Jepang, kita akan terpikir pula bagaimana caranya kita memenuhi kebutuhan akan koneksi internet dan paket data untuk gadget atau smartphone kita. Banyak cara kita untuk tetap terkoneksi dengan internet saat kita di Jepang nanti. Berikut adalah opsi-opsi yang dapat kita pilih untuk kebutuhan internet kita selama di Jepang;

1. Paket Data dengan roaming dari operator existing di smartphone kita.
2. Paket Data dengan SIM Card baru di Jepang.
3. Sewa Wifi Router selama liburan kita di Jepang.
4. Free Wifi selama di Jepang.

Mari kita bahas satu persatu dari ke empat pilihan tersebut.

1. Paket Data dengan roaming dari Operator Existing di smartphone kita.

Orang yang memilih opsi ini biasanya mempunyai beberapa alasan, seperti malas mencabut atau bongkar pasang SIM Card dalam smartphonenya, takut ada yang menghubungi untuk urusan penting sekalipun ia sedang liburan, atau mempunyai alasan biaya roaming masih masuk dalam budget dan tidak terlalu signifikan perbedaannya jika dibandingkan dengan mengganti sementara SIM Card nya menjadi SIM Card Jepang.
Contoh kasus untuk opsi ini adalah pengalaman saya sendiri saat berada di Jepang, berawal dari "kecelakaan" kecil yang menyebalkan.

Saat akan ke Jepang saya telah membeli SIM Card baru dari operator Docomo Jepang, yang singkat cerita saat saya pasang di hp saya ternyata SIM Card tidak bisa mendapatkan sinyal dari Operator Docomo. Kemudian saya cobakan kembali untuk di pindah ke gadget lain milik teman saya yang menggunakan Ipad, ketika sudah dipasangkan dalam iPad ternyata hal yang sama terjadi juga, iPad tersebut tidak bisa login ataupun terkoneksi dengan jaringan Docomo. Setelah bongkar pasang dan mencoba beberapa kali, akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa saya telah mendapatkan sebuah SIM Card rusak, karena saya membelinya saat masih di Indonesia, maka saya tidak lagi berusaha mencoba untuk menukarkannya di outlet Docomo di Jepang.

Setelah kejadian SIM Card Docomo saya rusak, maka saya terpaksa kembali mengaktifkan paket data roaming dari operator Indonesia, yaitu XL. Untuk roaming paket data ini, XL memiliki paket data yang bernama XL Pass, dan bisa digunakan dibanyak negara Asia Pasifik, dan Jepang adalah salah satunya.

Ketika paket roaming sudah berjalan, maka otomatis sinyal seluler yang kita dapatkan adalah dari salah operator seluler di Jepang, dalam hal ini XL berkerjasama dengan operator Softbank. Harga paket XL Pass yang saya beli adalah paket data mingguan atau 7 hari seharga 150 ribu rupiah saja. Karena saya di Jepang selama 10 hari maka paket 3 hari sisanya menggunakan XL Pass 3 hari seharga 100 ribu rupiah. Jadi total penggunaan paket data dengan cara roaming internasional selama saya di Jepang menjadi 250 ribu rupiah.

Karena kebutulan paket data roaming ini yang saya gunakan, maka sekalian saja saya berikan review singkat untuk koneksi paket data XL Pass selama saya menggunakannya di Jepang. Sebelum lanjut review ini, perlu di ketahui bahwa saya berkeliling Jepang mulai dari Tokyo, Osaka, Kyoto hingga beberapa perfecture (provinsi) atau beberapa kota selain 3 kota utama yang paling dikenal para traveler dari Indonesia, lainnya tersebut diantaranya adalah kota Himeji di Perfecture Hugo, kota Toyama dan Takayama serta Shirakawa-go di perfecture Gifu.

Untuk ketiga kota semacam Tokyo, Osaka dan Kyoto penggunaan roaming XL Pass ini tidak menemui masalah sedikitpun, artinya kebutuhan akan koneksi data tetap terpenuhi dengan baik, bahkan hingga saya tiba di Arashiyama yang terkenal dengan Bamboo Groove (hutan bambu cantik yang tertata rapi), disini saya tetap bisa melakukan upload dan update status di account socmed pribadi saya, lancar. Disini kegiatan "autis" gadget sempat saya terganggu bukan karena koneksi dari paket data yang dimiliki, melainkan akibat hp saya terlalu cepat drop baterenya, hingga mati total.

Kemudian untuk lokasi di kota Toyama saat menunggu rombongan teman lain dari Jakarta menyusul juga kesini dalam perjalanan menuju Tateyama Murudo Alphine Route yang terkenal dengan snow corridornya yang mencapai belasan hingga puluhan meter tingginya. Menunggu beberapa jam mebuat kegiatan nongkrong di sebuah kedai kopi stasiun Dentetsu Toyama menjadi hidup dengan tetap terkoneksi socmed melalui gadget atau hp yang saya pegang, saat berada di luar stasiun koneksi tetap berjalan baik dan saat berada di dalam stasiun ataupun kedai kopi saya switch ke free wifi milik kedai kopi ataupun milik stasiun.

Mungkin saya menemui sedikit kendala tersendatnya koneksi seluler dan data saat dalam perjalanan menuju Murodo di jalur Tateyama Alphine Route, hal ini menurut saya masih wajar mengingat kondisi perjalanan melalui perbukitan yang tinggi dengan jalan yang juga berkelok-kelok serta tidak adanya populasi penduduk sepanjang perjalanan menyusuri Tateyama Alphine Route hingga Murodo ini.

Kesimpulan saya untuk koneksi roaming paket data ini adalah cukup bagus dan memadai dalam memenuhi kebutuhan koneksi internet via jaringan seluler selama di Jepang.

SIM Card Docomo milik saya yang gagal digunakan saat di Jepang

2. Paket Data dengan SIM Card baru di Jepang.

Opsi berikutnya adalah menggunakan paket data dengan SIM Card baru di Jepang. Saat ini sudah sangat banyak promosi dari beberapa operator di Jepang untuk penjualan SIM Card mereka kepada para turis yang mengunjungi Jepang. Bahkan di jual juga di luar Jepang, seperti contoh yang saya beli saat masih berada di Jakarta.

Jika kita terlupa membelinya saat masih berada di Indonesia, kita tidak perlu panik, masih tidak menjadi masalah karena SIM Card khusus paket data banyak di jual di Japang. SIM Card baru ini banyak di jual di mini market, dan toko besar macam BIC Camera atau Yodabashi Camera di pusat kota Tokyo, Osaka atau Kyoto.

Beberapa saat setelah kita tiba di Jepang dan masih di airport pun kita sudah bisa mencarinya di dalam gedung terminal bandara, baik itu di Haneda Airport dan juga Narita Airport, ada beberapa mini market dan booth yang khusus menjual SIM Card baru bagi kebutuhan para turis yang mengunjungi Jepang.

Vending Machine penjualan SIM Card

Harga yang ditawarkan serta pilihan paket data yang ditawarkan juga cukup variatif, sehingga kita memiliki banyak pilihan sebelum kita membeli salah satunya. Range harga yang ditawarkan jika dalam rupiah adalah mulai dari 350 ribu rupiah keatas, jika kita coba mencari harga dibawah harga tersebut, saya jamin akan sulit ketemunya.

SIM Card khusus Traveler dan Turis di Jepang
Secara umum SIM Card baru ini hanya bisa digunakan paket datanya saja, kita tidak bisa gunakan untuk lakukan panggilan telepon seperti SIM Card normal kita umumnya.

Jika pilihan kita adalah membeli SIM Card baru, maka saya sarankan pilihlah SIM Card dari Docomo, karena Docomo mengusai network di Jepang, sehingga kemungkinan kita disconnected dengan dunia maya akan semakin kecil.


Pilihan SIM Card baru yang dipajang di rak sebuah toko

3. Sewa Wifi Router selama liburan kita di Jepang.

Berikutnya adalah opsi untuk sewa wifi router selama kita melakukan perjalanan wisata di Jepang. Menyewa sebuah wifi router saat ini juga menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk kita lirik dan bandingkan dengan cara-cara diatas yang sudah saya sebutkan.


Bersambung ....

Maaf berhubung mata mulai ngantuk, saya lanjutkan post ini nanti lagi ya sekaligus memberikan foto-foto terkait :-)

No comments:

Post a Comment